11 March 2018

Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina, Serta Tips Beternak Lovebird

Tips Beternak Lovebird serta Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina - Kurniawanjaka.blogspot.com Lovebird atau yang juga disebut sebagai burung cinta merupakan salah tau dari 9 spesies burung genus Argaponis . Lovebird memiliki ukuran yang terbilang kecil hanya 13 hingga 17 cm saja dengan berat yang hanya 40 hingga 60 gram. Burung ini memiliki daya tarik tersendiri karena warnanya yang indah di pandang mata. Selain itu kicauannya yang khas membuat burung yang satu ini menjadi burung favorit yang banyak dipelihara oleh orang.

Pada kesempatan kali ini Lensa Lovebird akan menjelaskan sedikit tips tentang beternak Lovebird. Namun sebelum itu alangkah lebih baik jika anda mengetahui terlebih dahulu perbedaan lovebird jantan dan lovebird betina.






kurniawanjaka.blogspot.com




Ciri-ciri Lovebird Jantan

Beberapa ciri yang menandakan bahwa Lovebird tersebut berjenis kelamin jantan diantaranya :
  • ·        Bentuk paruh runcing namun kecil
  • ·        Bagian kepala berbentuk cepak atau rata
  • ·        Ujung sayapnya menyilang
  • ·        Ujung ekor berbentuk runcing namun kecil
  • ·        Bertengger dengan kaki agak merapat 



Ciri-ciri Lovebird Betina


Beberapa ciri yang menandakan bahwa Lovebird tersebut berjenis kelamin jantan diantaranya :
  • ·        Bentuk paruh cenderung tumpul, melebar, dan juga besar
  • ·        Bagian kepala cenderung melengkung
  • ·        Ujung sayap tidak saling bertemu atau menyilang (bisa terlihat saat burung diam)
  • ·        Ujung ekor yang besar dan rata
  • ·        Bertengger dengan kaki yang melebar


Setelah anda sudah mengetahui tentang perbedaan lovebird jantan dan lovebird betina, selanjutnya anda sudah bisa melakukan tips-tips beternak lovebird berikut ini yang cocok dilakukan bagi sobat kicaumania yang ingin menekuni burung lovebird

Tips Beternak Lovebird




1. Menyiapkan Kandang yang Tepat Untuk Lovebird

Langkah pertama tentunya kita harus menyiapkan kandang yang digunakan untuk beternak lovebird. Kandang lovebird dapat anda beli di toko dengan harga 150 ribu.  Kandang lovebird berbentuk persegi yang terbuat dari jeruji besi. Setelah membeli kandang jangan lupa juga siapkan glodok yang digunakan sebagai tempat burung bertelur. Pemilihan glodok ini bukan tanpa alasan, sebab di habitat aslinya lovebird bertelur di lubang-lubang kayu.


2. Menyiapkan sepasang Lovebird

Setelah kandang sudah siap, selanjutnya anda bisa menyiapkan dua ekor lovebird. Pilihlah 2 lovebird dengan jenis kelamin berbeda agar bisa dilakukan perkawinan sehingga bisa menghasilkan keturunan. Pilihlah lovebird yang berusia sekitar 8 bulanan hingga satu tahun agar dapat dilakukan perjodohan.


3. Penjodohan Lovebird

Dua ekor lovebird beda jenis kelamin sudah ada, sekarang kita bisa melakukan perkawinan atau perjodohan kedua lovebird tersebut. Pada awal penjodohan, sebaiknya jangan kumpulkan kedua lovebird tersebut dalam satu kandang karena biasanya mereka akan saling bertengkar. Akibatnya kaki burung tersebut bisa terluka parah. Anda bisa menjemur kedua jenis burung ini dalam lokasi yang berdekatan agar mereka bisa mengenal satu sama lain sehingga birahi mereka bisa cepat meningkatg sehingga bisa mempermudah untuk melakukan perjodohan.


4. Masa Bertelur dan Mengerami 

Setelah dilakukan perkawinan, maka tiba saatnya lovebird untuk bertelur dan juga mengerami. Proses pengeraman ini biasanya berlangsung selama 22 hingga 25 hari. Jangan sekali-kali mengganggu lovebird yang sedang bertelur karena bisa mengakibatkan burung stres dan bisa saja meninggalkan telurnya. Tentu ini sangat merugikan bagi anda. Dalam kondisi normal, lovebird bisa menghasilkan setidaknya 4 sampai 5 telur.


 5. Makanan Anakan Lovebird

Setelah telur menetas, maka anakan lovebird yang baru menetas perlu diberikan makanan yang tepat agar tidak cepat mati. Anda bisa menyiapkan jagung sebagai makanan anakan lovebird dan juga ditambahkan por pakan anak ayam pedaging BR1 agar bisa cepat bongsor dan tidak mudah mati. Jangan lupa beri juga biji-bijian sebagai makanan utama lovebird.


  6. Penyapihan Anak Lovebird

Anda dapat menyapih anakan lovebird ketika berusia 2 hingga 3 Minggu. Anda sebaiknya meloloh piyik Lovebird dengan tujuan agar kedua induk bisa bertelur kembali. Sebenarnya anda bisa membiarkan kedua induk membesarkan anaknya sendiri. Asalkan anda tetap menyiapkan yang cukup di dalam sangkar agar anakan lovebird tidak kekurangan gizi dan pertumbuhannya tidak terganggu. Setelah umur 1,5 bulan induk dan anak lovebird siap untuk dipisah dan godlok dan sangkar diganti dengan yang baru. Kedua induk juga harus dimandikan sebagai pengondisian kembali agar mereka benar-benar siap untuk bertelur kembali dalam beberapa hari kedepan.


Itulah beberapa tips beternak lovebird yang bisa anda lakukan, tips tersebut berguna jika anda melakukannya secara benar. Dengan lovebird yang berkualitas tentunya bisa membawa keuntungan bagi anda dan juga lovebird itu sendiri. Lovebird yang berkualitas nantinya bisa anda ikutkan perlombaan burung kicau yang pastinya dengan peluang menang yang juga besar. Dan hal tersebut bisa untuk menambah penghasilan anda.

Share this

0 Comment to "Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina, Serta Tips Beternak Lovebird "

Post a Comment